Kepedulian Prabowo terhadap Perempuan, Dukung Pemberdayaan dan Kesetaraan

Sekali lagi, Selamat Hari Perempuan Internasional untuk semua perempuan-perempuan hebat di luar sana!

Teman Berbakti, tahukah kamu bahwa Bapak Prabowo adalah sosok yang sangat peduli terhadap Perempuan. Hal ini telah ditunjukkan beliau sejak dahulu loh, bahkan sebelum kontestasi pemilu 2024 ini berlangsung!

Prabowo juga sempat terlibat secara langsung dalam membantu pembebasan seorang TKW asal NTT yaitu Wilfrida Soik yang terancam hukuman mati pada 2014 lalu. Kisah heroik tersebut bermula saat Prabowo mendapatkan informasi dari aktivis mengenai kondisi Wilfrida yang ditahan di Malaysia dan akan menghadapi hukuman mati karena divonis melakukan pembunuhan terhadap majikannya. Padahal saat itu pun, Wilfrida sedang dalam kondisi kurang stabil akibat gangguan mental dan mengalami kekerasan dari majikannya. Itulah mengapa Prabowo sering menekankan bahwa penting untuk memberi perhatian kepada NGO yang mendukung Perempuan, karena beliau merasa bahwa peran NGO sangat besar dalam membantu kaum Perempuan yang rentan.

Selain aksi tersebut, dalam dialognya saat menghadiri Dialog Pers dan Capres yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI di Gedung Dewan Pers pada Januari 2024 lalu, Prabowo juga menekankan mengenai masih adanya ketimpangan antara Perempuan dan laki-laki dalam hal kesempatan untuk maju. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya rintangan yang berasal baik dari keluarga maupun tradisi. Terlebih lagi, ketimpangan tersebut sering terjadi dalam ruang politik. Banyak Perempuan yang terhambat untuk maju dikarenakan tidak mendapat ijin dari suami maupun keluarga karena dia seorang Perempuan. Oleh karena itu, Prabowo ingin perempuan bisa lebih banyak berkiprah dalam politik, seperti halnya menjadi anggota legislative. Beliau juga menyampaikan bahwa sangat yakin jika kiprah Perempuan ke depan akan lebih menonjol di banyak bidang.

Hal ini juga ditekankan oleh Prabowo dalam salah satu poin di 17 Pilar Prioritas yang akan dilakukan beliau saat resmi menjadi Presiden Republik Indonesia nanti. Dalam pilar ke-10, disampaikan bahwa Penguatan kesetaraan gender dan perlindungan hak perempuan, anak, serta penyandang disabilitas adalah salah satu hal yang menjadi fokus dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. Dalam poin tersebut, disampaikan bahwa penting untuk menghapus diskriminasi gender dengan membuat kebijakan yang dapat melindungi hak hak seperti pendidikan dan pekerjaan, serta meningkatkan partisipasi politik.

Semakin bangga kan Teman Berbakti karena berada dalam barisan #BersamaBapak. Siapa nih teman-teman yang belum bergabung menjadi bagian dari Teman Berbakti? Silahkan segera daftar di sini yaa!

Aksi Berbakti